Thursday, February 14, 2013

Maker | Cara Membuat Mading 3D

MAKER- Mading merupakan salah satu media informasi di lingkungan sekolah. Mading juga di nilai sebagai sebuah wadah yang tepat bagi para siswa dalam mengekspresikan diri serta mengembangkan kreatifitas mereka. Seiring dengan berjalannya waktu madingpun mengalami modifikasi. Mulai dari bentuk yang sederhana hingga bentuk yang inovatif. Dikarenakan model sederhana kerap kali mendapatkan kesan-kesan yang monoton dan membosankan maka timbullah inovasi-inovasi baru dalam pembuatan model bentuk mading demi menarik niat para pembaca.
Di antaranya adalah mading 3 dimensi. Tentu saja model seperti ini akan mengundang perhatian para pembaca. Selain punya daya tarik, model seperti ini juga dirasa lebih efektif dalam penyampaian informasi. Dikarenakan adanya proses aktualisasi serta daya imajiner dalam benak para pembaca.
Lantas, bagaimanakah cara membuatnya?? Tentu saja itu bersifat opsional dan tergantung pada kreatifitas masing-masing orang. Satu pertanyaan yang tak kalah pentingnya adalah, bagaimana jika sarana yang ada belum mendukung untuk membuatnya?? dengan kata lain sarana yang tersedia masih berupa bidang datar berkaca yang dipasang di dinding. Kendala tersebut masih bisa diatasi, asalkan antara media dengan kaca masih tersisa sedikit ruang. Paling tidak berjarak 5 cm. Dengan begitu mading 3d pun siap diaplikasikan di dalamnya.


Cara Membuat Mading 3D

Postingan kali ini akan mengupas tentang cara pembuatan mading 3d. Namun, mading ini akan sedikit berbeda dari mading 3d pada umumnya. Disebabkan keterbatasan ruang serta sarana prasarana yang belum mendukung. Mading bergaya 3D ini akan mengusung tema tentang “MADRASATUNA” (Sekolah Kita). Jadi gedung sekolah merupakan obyek 3D yang akan dibuat.
Bahan yang akan digunakan tak jauh berbeda dari bahan pembuatan mading pada umumnya, yakni kertas. Tidak masalah soal baru atau tidaknya kertas tersebut. Yang terpenting kertasnya tebal seperti halnya kardus atau kertas karton. Awalnya saya dan teman-teman berencana memasang mading ini pada hari Peringatan satu abad sekolahan kami. Yaitu Perguruan Islam Mathaliul Falah pada 12-12-2012 lalu. Berhubung sikonnya tak memungkinkan terpaksa kami mengurungkan niat kami. Tapi kami tak patah semangat untuk mencoba menyelesaikannya beberapa hari yang lalu.
Langsung beralih ke cara pembuatannya:
1. Pertama, siapkan kertas karton dan mulailah menggambar pola gedung. Sebagai contoh, berikut adalah pola gedung sekolah kami. Akan ada 8 pola yang sama yang perlu dibuat dan sebuah kubah tepat diatasnya.







2. Gunting pola lalu lipat tepat pada garis vertikal hingga membentuk menyerupai sebuah tiang. Gunakanlah penggaris untuk hasil lipatan yang sempurna. Setelah itu potong dan lubangi jendela pakai cutter dan tempelkan kertas mika/ plastik untuk memberi efek kaca.





3. Siapkan kertas yang nantinya akan menjadi media dasar (alas). Lalu tempelkan potongan pola pada kertas tsb.







4. Sekarang tinggal memberi sentuhan terakhir, untuk membuat genteng gunakanlah kardus yang sudah dibuang satu sisinya. Kalau ingin memberi warna, bisa menggunakan cat atau pewarna pakaian ataupun makanan. Selesai deh....







Gambar-gambar mading 3d yang lain...











Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

2 comments: